Home Blogger 10 Tips Yaro Starak Untuk Meningkatkan Traffic Blog

10 Tips Yaro Starak Untuk Meningkatkan Traffic Blog

39
0
10-tips-yaro-starak-untuk-meningkatkan-traffic-blog
10-tips-yaro-starak-untuk-meningkatkan-traffic-blog

Anda pasti tahu Yaro Starak. Dia seorang blogger professional yang dianggap mentor oleh blogger-blogger sukses lainnya. Selain itu, dia juga boss program mentoring Blog Mastermind yang didirikan untuk mengajarkan para blogger tentang bagaimana memperoleh income full time dengan blogging part time.

Ini salah satu tulisannya yang saya baca ketika sedang mencari-cari theme WordPress untuk blog belajar WordPress ini. Saya mencoba men-translate-nya untuk berbagi dengan anda, dan membuat postingnya dalam 2 seri tulisan karena artikel aslinya menurut saya lumayan panjang. ( juga karena saya nggak kuat ngartiin sekaligus )

Berisikan tentang 10 teknik untuk menaikkan jumlah traffic, tips ini cocok untuk kita-kita blogger newbie yang saat ini mempunyai sedikit pengunjung dan sedang berkeinginan untuk meningkatkan jumlah traffic-nya.

Disarankan kita mengerjakannya berurutan karena masing-masing teknik dikembangkan dari tahap sebelumnya untuk menciptakan sebuah momentum. Ketika pada akhirnya nanti kita sudah mampu membangun cukup momentum, kita akan memiliki “traction” atau daya tarik. Traction ini berupa sebuah komunitas pembaca yang cukup besar ( 500 traffic sehari sudah cukup bagus ), sehingga kita tidak perlu bekerja keras untuk menemukan traffic yang baru. Sebaliknya, visitor loyal anda yang ada yang akan mempromosikan blog anda dari ‘mulut ke mulut’.

1. Tulislah paling sedikit 5 ‘pillar article’ utama

Pillar article adalah artikel yang bersifat tutorial yang ditujukan untuk mengajarkan sesuatu kepada pengunjung anda. Pada umumnya ‘pillar article’ berisi 500 kata lebih, mempunyai banyak sekali saran atau tips-tips praktis, serta merupakan pelajaran bagus tentang ‘how to’. Artikel semacam ini bersifat long term, stays current ( tidak seperti berita-berita yang tergantung waktu ), menawarkan nilai yang real dan pengetahuan yang mendalam. Semakin banyak kita memiliki ‘pillar article’, akan semakin baik.

2. Tulislah minimum 1 posting baru setiap hari

Tidak setiap posting kita harus ‘pillar’. Tapi kita harus menyelesaikan 5 ‘pillar article’ tadi bersamaan dengan menjaga blog kita kita tetap fresh setiap hari, dengan berita terbaru atau sebuah artikel pendek. Hal yang penting di sini adalah kita ingin menunjukkan kepada visitor baru bahwa blog kita di update setiap hari, sehingga dia akan merasa bahwa jika besok dia datang lagi ke blog kita, dia mungkin akan mendapat berita baru yang lain.

1 posting per hari ini penting sekali ketika blog kita masih sangat baru. Ketika blog kita sudah memiliki daya tarik, kita tetap perlu menjaga agar blog kita tetap fresh, tapi kita bisa menjarangkan frekuensi posting kita. Bulan-bulan pertama blogging adalah sangat kririkal. Semakin banyak content yang kita hasilkan pada bulan-bulan ini, akan semakin baik.

3. Gunakan nama domain yang tepat

Agar pengunjung mudah menularkan cerita-cerita tentang blog kita, kita memerlukan sebuah nama domain yang baik. Sebisa mungkin dapatkan [dot]com dan fokuskan pada penggunaan domain singkat yang mudah diingat, daripada berpikir susah tentang pemakaian keyword yang kita incar. Namun, tentu saja akan lebih bagus jika kita bisa memasukkan keyword kita pada domain pendek yang mudah diingat.

4. Comment di blog yang lain

Begitu kita mempunyai ‘pillar article’ dan blog kita fresh setiap hari dengan artikel-artikel pendek, maka blog sudah siap diperkenalkan. Salah satu cara menemukan pembaca adalah dengan berkomentar di blog milik blogger lain. Berkomentarlah pada blog yang bertopik sama dengan blog kita, karena pengunjung yang datang ke blog tersebut juga mungkin akan tertarik untuk datang ke blog kita.

Kebanyakan system commenting pada blog membolehkan seorang pengunjung untuk menuliskan link ke blognya. Jika kita sering berkomentar dan mempunyai nilai positif pada setiap komentar kita, maka pengunjung akan tertarik untuk meng-klik link tersebut, dan datang ke blog kita.

5. Me-link ke blog lain dan meninggalkan Trackback

Trackback itu seperti percakapan antar blog. Jika kita menulis sebuah artikel yang berisi link ke artikel di blog lain, kita akan meninggalkan trackback di blog lain tersebut. Trackback berisi penggalan posting kita dan biasanya tampak seperti comment. Dengan trackback ini, blog kita seolah-olah memberitahu blog lain, dan juga para pengunjungnya, bahwa kita menulis artikel yang berhubungan dengan posting mereka.

Trackback bertujuan tidak hanya untuk menarik minat pengunjung blog lain, tetapi juga sang pemilik blog. Blogger lain mungkin saja penasaran dan ingin tahu tulisan kita tentang dia atau tulisannya. Kalau dia datang ke blog kita dan merasa blog kita memberi manfaat, bisa jadi dia akan menulis posting yang memberi link ke blog kita dan mengalirkan kepada kita sebagian traffic blognya.

6. Mendorong visitor untuk comment di blog kita

Salah satu cara meyakinkan pengunjung baru untuk tetap datang ke blog kita adalah dengan menunjukkan bahwa sudah ada pengunjung lain yang mengikuti perkembangan blog kita. Jika dia melihat pengunjung lain comment, dia akan berkesimpulan bahwa artikel anda begitu menarik karena direspon banyak pengunjung, dan akan membuat dia selalu datang untuk mengikuti respon terhadap artikel kita. Untuk menciptakan terjadinya comment, buatlah pertanyaan pada posting anda. Pastikan pula bahwa kita merespon kembali comment yang ada sehingga percakapannya tidak akan terhenti.

7. Submit ‘pillar article’ teranyar kita ke sebuah blog carnival

Blog carnival adalah posting pada sebuah blog yang meringkas kumpulan beberapa artikel dari berbagai blog tentang topik yang sejenis. Idenya adalah untuk mengumpulkan artikel-artikel terbaik tentang topik-topik yang sama pada minggu-minggu tertentu. Blog-blog yang lain sering me-linkback ke blog carnival, hingga akhirnya si pemilik blog yang artikelnya ditampilkan di sana mendapatkan banyak pengunjung-pengunjung yang baru.

Untuk menemukan blog carnival yang cocok untuk blog kita, kita bisa melakukan search di blogcarnival.com.

8. Submit blog kita ke blogtopsites.com

Jujur, tips ini tidak akan membuat banjir pengunjung baru, tapi ini sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan waktu 5 menit. Tidak banyak keluar energi. Kunjungi Blog Top Sites, temukan kategori yang tepat untuk blog kita dan submit. Kita harus meng-copas beberapa baris code ke blog kita, sehingga kita mendapatkan rank, dan tinggal menunggu datangnya traffic. Dengan teknik ini, kita mungkin hanya akan mendapatkan 1-10 pengunjung baru per hari, tapi seiring dengan berjalannya waktu jumlah ini akan bertambah ketika rank kita semakin meningkat. It all helps !

9. Submit artikel kita ke EzineArticles.com

Ini tips lain yang tidak akan membawa ratusan visitor baru dengan tiba-tiba ( meskipun itu mungkin saja jika kita rajin mengerjakannya ), tapi berguna karena kita tinggal mengangkat apa yang kita sudah punya : pillar article. Kira-kira 1 kali seminggu, ambil salah 1 pillar article kita dan submit artikel itu ke Ezine Articles. Di sana, artikel kita tadi dapat dibaca orang lain dan dia dapat mempublikasi ulang artikel kita di website atau di newsletter-nya.

Bagaimana kita mengambil manfaat dari hal ini adalah dengan “Resource Box”. Kita membuat “Resource Box” kita sendiri yang tampak seperti file signature, lalu kita menulis satu dua kalimat yang me-linkback ke blog kita. Setiap orang yang mempublikasi ulang artikel kita harus tetap mencantumkan “Resource Box” ini, sehingga blog kita akan memperoleh incoming link. Jika seseorang dengan newsletter yang banyak mempublikasi artikel kita, maka kita akan mendapatkan banyak sekali pembaca baru.

10. Tulis pillar article lebih banyak lagi

Segala yang kita kerjakan sesuai dengan daftar di atas akan membantu kita untuk mendapatkan traffic. Meskipun demikian, teknik-teknik itu hanya akan berhasil jika kita sudah mempunyai pillar article yang baik. Tanpa itu, kita mungkin tetap akan mendapatkan pengunjung, tapi mereka tidak akan bertahan lama dan tidak ingin kembali ke blog kita. Targetkan untuk menghasilkan 1 pillar article per minggu sehingga kita akan mempunyai 50 pillar article setiap tahun. Pillar-pillar inilah yang akan bekerja keras untuk meningkatkan traffic ke blog kita.

Kesimpulan

Menurut Starak, 10 tips ini adalah teknik yang dia jalankan pada blog-blognya dan terbukti membuahkan hasil. Meskipun demikian, dia mengakui bahwa tips ini tentu saja bukan tips yang comprehensive. Masih banyak hal yang harus kita lakukan. Mendapatkan pengunjung berarti mencoba-coba dan mencari hasil yang terbaik bagi kita dan bagi pengunjung blog kita. Starak sangat yakin, bahwa jika kita benar-benar berpikir dan berusaha keras, kita akan menemukan jalan yang terhebat untuk kita.

Previous article10 Gejala Penyakit Alzheimers pada Blogger
Next articleMitos Seputar SEO di Google
Seorang pria yang menyukai wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here