Home Tutorial SEO 4 Faktor Penting Membangun Off Page SEO

4 Faktor Penting Membangun Off Page SEO

43
0
4-faktor-penting-membangun-off-page-seo
4-faktor-penting-membangun-off-page-seo

Dalam posting terakhir saya berbicara tentang hal yang dapat Anda lakukan di situs Anda untuk membantu peringkat yang baik di mesin pencari – dengan kata lain, “faktor on page“. Dalam posting kali ini saya akan membahas tentang faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi peringkat Anda – yaitu faktor off page SEO.

Google Pagerank

Sebelum kita masuk dan membahas “bagaimana”, sangat penting bila Anda memahami sedikit tentang Google PageRank. PageRank adalah cara Google mengindeks semua konten dan situs berdasarkan tingkat dalam komunitas internet. Ini merupakan faktor penting dalam algoritma peringkat Google, dan dengan memahami sedikit cara kerjanya, Anda akan memiliki ide yang lebih baik tentang bagaimana untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari yang paling populer di dunia.

Untuk membangun seberapa “pentingnya” halaman situs anda. Google melihat pada berapa banyak situs lain yang terhubung ke situs anda, biasa disebut ngelink (backlink). Link-link ini seperti voting, jadi semakin banyak yang voting yang anda peroleh, semakin besar tingkat “pentingnya” situs anda dan semakin tinggi pula Pagerank anda. Pagerank yang tinggi juga kontributor yang sangat penting untuk tingkat SERP yang lebih baik.

Dan yang perlu anda ingat: PageRank adalah bagian dari algoritma peringkat Google. Anda sering akan melihat situs dengan PageRank tinggi kalah peringkat oleh situs yang berpagerank lebih rendah.

Membangun one way backlink yang banyak

Lakukanlah hal ini dengan cara article submission, direktori submission, submit artikel ke blog network, membeli link juga boleh (contohnya dari forum webmaster), dan sebagainya. Tapi hati-hati, membeli link terkadang lebih powerful dari link yang anda bangun secara alami. Tetapi konsekuensinya Google akan menghukum anda, jika anda ketahuan membeli link. Saran saya sih sebaiknya membeli link secara permanen, jangan yang bulanan, per 3 bulan atau 6 bulan. Dan coba cari link dari situs yang memang setopik dengan situs anda.

Mendapatkan Backlink dari Situs yang Bagus

Situs yang Bagus tuh kayak gimana sih? Situs yang bagus adalah situs yang berpagerank tinggi, atau situs high trust (misalnya:Yahoo, DMOZ atau situs .edu).

Pastikan bahwa Anda mendapatkan backlink dari halaman yang telah terindex.

Sebuah link ke situs Anda tidak akan dihitung, jika halaman yang terhubung ke situs Anda tidak benar-benar telah diindeks oleh search engine. Mesin pencari tidak akan melihat link, dan mereka tidak akan memberikan kredit apapun untuk itu. Saya melihat banyak orang mengirimkan situs mereka ke direktori artikel dan search directory, tapi apa gunanya kalo search engine tidak pernah mengunjunginya.

Kabar baiknya adalah sangat mudah untuk mendapatkan semua halaman tersebut dapat diindeks. Caranya anda hanya perlu membuat halaman web di luar situs utama anda, seperti blog gratis atau profil twitter.com.

Reciprocal Link Loops

Reciprocal link tidak sekuat link satu arah. Inilah sebabnya mengapa Anda ingin menerima link satu arah dari situs-situs lain sedapat mungkin.

Tapi ada juga hal yang disebut “reciprocal link loops” yang ini seperti versi reciprocal link yang lebih besar. Misalnya seperti… situs A link ke B, B link ke C dan C link ke A. Itulah yang disebut Loops … ini membuat semua situs yang terhubung menjadi lemah. Lingkaran loop yang kecil adalah yang terburuk, tetapi cobalah untuk menghindari loop sebisa mungkin. Memang perlu riset lebih lanjut tentang hal ini, karena masih pro dan kontra.

Previous articleAn Online Memorial for Steve Jobs
Next articlePengertian Domain Authority Dan Page Authority
Seorang pria yang menyukai wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here