Home Tips Blog Pemilihan CMS SEO Friendly

Pemilihan CMS SEO Friendly

50
0
Pemilihan CMS SEO Friendly
Pemilihan CMS SEO Friendly

Pemilihan CMS yang tepat sangat mempengaruhi kinerja web kita terutama untuk kepentingan SEO nya. Jadi sebisa mungkin dalam membuat website gunakanlah CMS atau sistem manajemen konten yang seo friendly.

Content Management System atau CMS merupakan engine atau perangkat lunak yang di instal pada sebuah web sehingga memungkinkan penggunanya untuk menambah/merubah isi dan struktur dari sebuah situs web.

Pemilihan CMS yang tepat sangat mempengaruhi kinerja web kita terutama untuk kepentingan SEO nya. Jadi sebisa mungkin dalam membuat website gunakanlah CMS atau sistem manajemen konten yang seo friendly.

Ada bermacam-macam jenis CMS yang dapat ditemukan, dengan kemampuan atau keunggulan fitur yang berbeda-beda, namun tidak semuanya bersahabat dengan search engine atau mesin pencari.

Beberapa diantaranya hanyalah mengutamakan tampilan yang bagus tanpa mempedulikan apakah itu seo friendly atau tidak. Dari sekian banyak pilihan, beberapa engine blog atau mesin blog telah terpilih dan direkomendasikan oleh para blogger dunia adalah sebagai berikut:

Pilihan CMS yang direkomendasikan

1. WordPress

Sebuah aplikasi terbuka (open source) yang berfokus pada estetika, standar web dan kegunaannya. WordPress bisa jadi engine blog yang paling populer karena kemudahannya untuk di modifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Dengan tampilan dan fitur yang user friendly serta struktur web yang seo friendly, wordpress menjadi CMS yang sangat digemari.

Pilihan template/themes cukup bervariasi dan dapat dirubah dengan mudah serta ditunjang dengan plugin-plugin, struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik yang membuat seo wordpress semakin powerfull.

2. Drupal

Merupakan CMS yang open source seperti wordpress, dapat di pakai secara gratis dan memungkinkan penggunanya untuk mengatur, memodifikasi dan merubah isi atau konten pada situs web.

Seringkali digunakan sebagai website perusahaan, situs jaringan sosial, forum, portal web komunitas dengan dukungan fitur multi bahasa (mendukung bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa pula).

Cukup dengan satu instalasi anda bisa dapatkan multi situs dan support dengan banyak tipe database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MsSQL dan MariaDB.

3. Joomla

Seperti halnya drupal dan wordpress, joomla sangat tepat untuk membangun situs Web dan aplikasi online yang kuat. Dilengkapi dengan sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll.

Dengan adanya query string dan URL parameter konten (section, category, ID article dan lain-lain) semakin menambah keunggulannya. Namun Joomla tidak cocok digunakan bagi yang tidak terbiasa dengan bahasa PHP karena daftar menu dan toolnya sangat banyak dan cukup rumit.

Tidak disarankan untuk blogger pemula, namun ditangan yang tepat Joomla dapat menjadi mesin blog yang paling mudah untuk digunakan dan sangat powerfull dari segi Search Engine Optimizer.

4. ExpressionEngine

Adalah sebuah perangkat lunak sederhana yang memberdayakan ribuan orang dan perusahaan diseluruh dunia agar dengan mudah mengelola website mereka.

Sangat kuat dalam hal keamanan/security web, fleksibilitas, tidak memerlukan pengetahuan tentang PHP dalam penggunaanya serta memiliki dokumentasi online yang luas.

Namun berbeda dengan ketiga CMS sebelumnya yang bisa di unduh secara gratis, ExpressionEngine tidak menawarkan ujicoba gratis dengan Lisensi yang tersedia dalam tiga variasi yaitu : Non komersial, Komersial dan Freelancer.

5. TextPattern

Perangkat Lunak open source yang berbasis CMS ini sangat cocok digunakan untuk berbagai ragam kebutuhan. Sangat fleksibel, elegan dan mudah digunakan serta kemampuan loading web yang sangat cepat.

Hal itu sudah menjadi kelebihan tersendiri untuk kekuatan seo nya. Kelebihan lainnya adalah didukung sistem Textile yaitu suatu metode yang digunakan untuk dapat mengubah text murni menjadi HTML.

Sistem Link Management editor yang terintegrasi langsung didalamnya, dan sistem manajemen lain yang dibutuhkan oleh pengguna.

Pemilihan CMS yang anda sukai, masing-masing memiliki keunggulan dan juga kelemahan. Tapi setidaknya lebih mendukung dalam hal seo dibandingkan dengan sistem manajemen konten lainnya. Apalah artinya sebuah tampilan jika website sangat sulit dioptimasi. Simple but powerfull, that’s the right choice.

Previous articleRepairing Damaged Skin with Aromatherapy
Next articlePentingnya Backlink Berkualitas
Seorang pria yang menyukai wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here